Doa Ketika Turun Hujan

0
588
Doa Ketika Turun Hujan
Apa Doa Ketika Turun Hujan?

Keadaan seorang Muslim dalam setiap aktivitasnya hanya ada dua berdasarkan hadis dari Rasulullah SAW. Yang pertama apabila ada hal baik yang datang kepadanya, ia bersyukur. Adapun ketika ujian menghampiri maka ia pun bersabar, dan itu pun baik baginya.

Al Quran telah menyampaikan kepada kita bahwa hujan merupakan rahmat dan berkah yang Allah turunkan kepada setiap makhluknya, baik itu manusia, flora-fauna, juga bumi.

Hujan tidak hanya menenangkan hati, menjadi wasilah mensucikan diri, dan menyehatkan badan, namun hujan juga menjadi sebab untuk menguatkan pijakan, hal ini sebagaimana yang terkandung di dalam Al Quran surah Al Anfal ayat 11.

Nabi juga sudah memberi teladan manakala turun hujan. Beliau berdoa, membasahi kasur dan tunggangan, juga menyingkap baju beliau (selain aurat) di saat awal (turunnya) hujan hingga terkena air hujan. Ini bisa lho jadi ibadah kalau diniatkan ittibaโ€™ (mengikuti) sunnah nabi. 

*Kawan-kawan pluviophile, ini kan yang kalian tunggu-tunggu ๐Ÿ˜€

Jadi sikap yang mesti kita tiru dari beliau adalah mengikuti sunnahnya, bukan malah menggerutu, menyalahkan keadaan, apalagi sampai mencela. Semoga Allah melindungi kita ya kawan.

Kamu juga pasti tau, salah satu hikmah dari turunnya hujan adalah supaya bumi menjadi subur dan tidak mati. Hal ini juga sejalan dengan apa yang ada di Al Quran, Allah subhanahu wa taโ€™ala berfirman; โ€œ..dan kamu melihat bumi ini kering, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur, dan menumbuhkan pula berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indahโ€, (QS. Al Hajj: 5)

Doa Ketika Turun Hujan

Salah sunnah yang dianjurkan ketika sedang turun hujan adalah berdoa. Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiallahu โ€˜anha

ุฃู†ูŽู‘ ุฑูŽุณูˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ูŽู‘ู…ูŽ ูƒุงู†ูŽ ุฅุฐูŽุง ุฑูŽุฃูŽู‰ ุงู„ู…ูŽุทูŽุฑูŽ

โ€œBahwasannya Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam ketika turun  hujan, beliau membaca doa..โ€œ

ู‚ุงู„ูŽ: ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽูŠูู‘ุจู‹ุง ู†ูŽุงููุนู‹ุง

โ€œAllahumma shayyiban naafiโ€™anโ€œ

โ€œ(Ya Allah turunkanlah hujan yang memberikan manfaat).โ€ (HR. Bukhari no. 1032)

Di dalam Al Quran disebutkan tentang rahmat Rasulullah terhadap umatnya, dan hal ini juga menjadi bukti bahwa beliau sangat menginginkan kebaikan dengan turunnya hujan bagi seluruh umat manusia, umat muslim khususnya.

Doa Supaya Hujan Turun di Sekitar Kita, Bukan di Atas Kita

Begitu banyak hadis dari nabi yang belum kita tau, salah satu riwayat yang masih jarang diketahui adalah tentang hadis doa supaya hujan dan angin deras yang datang tidak menjadi petaka, melainkan berkah bagi semua.

Di dalam riwayat yang lain, Rasulullah bersabda;

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุญูŽูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽู„ุงูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุงุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุขูƒูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ุธูู‘ุฑูŽุงุจููˆูŽุจูุทููˆู†ู ุงู„ุฃูŽูˆู’ุฏููŠูŽุฉูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ูŽุงุจูุชู ุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑู

“Ya Allah berilah hujan di sekitar kami, dan bukan yang merusak kami (bukan di atas kami). Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Doa Ketika Hujan Reda

Hadis yang diriwayatkan dari dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu โ€˜anhu, bahwasanya suatu ketika Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam memimpin salat Subuh di Hudaibiyah setelah malam sebelumnya turun hujan. 

Ketika beliau menghadap jamaah, beliau berkata, โ€œTahukah kalian, apa yang dikatakan oleh Rabb kalian?โ€ Kemudian para sahabat pun menjawab, โ€œAllah dan Rasul-Nya lebih tahu.โ€ Maka, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda, โ€œRabb kalian mengatakan,

ุฃุตู’ุจูŽุญูŽ ู…ูู† ุนูุจุงุฏููŠ ู…ูุคู’ู…ูู†ูŒ ุจูŠ ูˆูƒุงููุฑูŒุŒ ูุฃู…ูŽู‘ุง ู…ูŽู† ู‚ุงู„ูŽ: ู…ูุทูุฑู’ู†ุง ุจููŽุถู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ูˆุฑูŽุญู’ู…ูŽุชูู‡ู ููŽุฐู„ูƒูŽ ู…ูุคู’ู…ูู†ูŒ ุจูŠ ูƒุงููุฑูŒ ุจุงู„ูƒูŽูˆู’ูƒูŽุจูุŒ ูˆุฃูŽู…ูŽู‘ุง ู…ูŽู† ู‚ุงู„ูŽ: ู…ูุทูุฑู’ู†ุง ุจู†ูŽูˆู’ุกู ูƒูŽุฐุง ูˆูƒูŽุฐุง ููŽุฐู„ูƒูŽ ูƒุงููุฑูŒ ุจูŠ ู…ูุคู’ู…ูู†ูŒ ุจุงู„ูƒูŽูˆู’ูƒูŽุจู.

โ€œPada pagi hari, di antara hamba-Ku ada yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir. 

Siapa yang mengatakan โ€™Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatihโ€™ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. 

Sedangkan yang mengatakan โ€˜Muthirna binnau kadza wa kadzaโ€™ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.โ€ 

(HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71)

Semoga Allah senantiasa menurunkan rahmat dan barakah dari-Nya. Dan kita senantiasa dimudahkan untuk mengamalkan sunnah-sunnah Nabi-Nya. Aamiin.

Wallahu aโ€™lam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini