Manfaat Membaca Ayat Kursi dan Keutamaannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

0
426
manfaat ayat kursi

Ayat Kursi merupakan salah satu ayat di dalam Al Quran yang memiliki keistimewaan, karena keistimewaannya inilah mengapa banyak dari kita yang membaca, mengulang-ulang, dan menghafalkannya demi mendapatkan keutamaan dan manfaat dari ayat Kursi dalam kehidupan sehari-hari.

Keistimewaan Ayat ini juga tersirat tatkala Allah ﷻ menurunkan ayat Kursi kepada Nabi Muhammad ﷺ di muka bumi melalui perantara Malaikat Jibril dan 70.000 Malaikat lainnya. Tak hanya bumi dan seisinya, langit dan para penduduknya pun juga menyambut ayat Kursi ini dengan penuh penghormatan.

Diriwayatkan, ketika ayat Kursi di turunkan oleh Allah ﷻ melalui perantara malaikat, bumi pun menjadi gaduh dan gempa terjadi di mana-mana. Bahkan saat diturunkannya, ayat Kursi turun disertai dengan gemuruh yang amat dahsyat hingga mahkota para raja pun terlepas dan jatuh ke tanah.

Tak hanya manusia saja yang merasakan dahsyatnya cabuh ketika itu, para syaithan dan makhluk Allah yang lain pun juga ikut merasakan hal ini.

Sesampainya para perantara ini ke tempat Nabi Muhammad ﷺ. Malaikat Jibril langsung mewahyukan ayat Kursi ini kepada Nabi Muhammad ﷺ.

Salah satu hikmah diturunkannya ayat Kursi bagi kaum Muslimin adalah mendapat manfaat dan perlindungan dari Allah ﷻ, sehingga syaithan tidak akan bisa untuk mendekati dan membisikan manusia ke jalan yang sesat.

Berikut ini adalah Ayatul Kursi yang disebutkan paling istimewa kedudukannya di dalam Al Quran.

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Artinya; “Dialah Allah, yang tiada Tuhan yang berhak untuk disembah melainkan Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri (terus-menerus mengurus makhluk-Nya); Dia tidak mengantuk, dan tidak pula tidur.

Miliknyalah seluruh apa yang ada di langit, dan seluruh apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at (pertologan) di sisi Allah tanpa izin dari-Nya.

Allah mengetahui apa yang di hadapan mereka, dan juga di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sedikitpun dari ilmu Allah melainkan dari apa yang dikehendaki-Nya (ilmu yang diberikan oleh Allah).

Kursi (kekuasaan) Allah ﷻ terbentang seluas langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah Allah yang Maha Tinggi, lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Manfaat Ayat Kursi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bukan hanya ayat yang paling agung di dalam Al Quran. Ayat kursi juga memiliki banyak sekali manfaat dan keistimewaan yang bisa di dapatkan, hanya dengan membacanya.Berikut diantara manfaatnya;

  • Menjadi Kunci Pintu Surga

Sebagaimana yang disebutkan diatas, bahwasannya ayat Kursi memiliki kedudukan yang sangat istimewa di dalam Kitab Suci Al Quran, sehingga jika di baca dengan benar dan secara konsisten maka ayat Kursi ini bisa menjadi kunci untuk memasuki Surga-Nya Allah ﷻ.

  • Pahala Mati Syahid

Barang siapa yang rutin membaca ayat Kursi setelah menunaikan Shalat fardhu maka ia akan mendapatkan pahala mati syahid.

  • Mendapatkan Perlindungan dari Allah ﷻ

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah kamu membaca ayat kursi adalah mendapatkan perlindungan dari Allah ﷻ. Manfaat ini akan kamu rasakan jika kamu membaca ayat Kursi setelah Shalat pagi (subuh) dan petang.

Allah ﷻ juga akan menjagamu dari godaan setan, binatang buas yang bersifat negatif bahkan dari kejahatan manusia. Atas izin Alah, maka ketika membaca ayat kursi dapat dipastikan bahwa kamu akan dijauhkan dari keburukan itu.

  • Mendapatkan Perlindungan dari Dua Malaikat

Jika kamu membaca ayat Kursi sebelum tidur, maka Allah ﷻ akan memeritahkan dua Malaikat penjaga untuk menjagamu disaat tidur higga pagi hari sampai kamu terbangun. Abdurrahman bin ‘auf menceritakan bahwa sebelum Nabi Muhammad memasuki rumah, maka Nabi akan membaca ayat Kursi terlebih dahulu di keempat penjuru rumahnya dengan harapan ayat Kursi tersebut bisa menjadi peghalang dan dinding untuk setan yang ingin masuk kedalam rumah Nabi Muhammad ﷺ.

  • Diberikan Rezeki yang Melimpah oleh Allah ﷻ

Salah satu manfaat membaca ayat Kursi yang akan kamu dapatkan adalah Rezeki yang melimpah dari Allah ﷻ. Kamu juga akan diberikan kelancaran dalam segala usaha yang sedang kamu jalankan beserta diberikan kenikmatan lainnya yang tak terduga.

  • Dimudahkan dalam Memahami Sesuatu

Manfaat ayat Kursi yang bisa kamu dapatkan selanjutnya adalah kamu akan lebih bisa memahami suatu hal atau bisa disebut lebih cerdas. Dan jika kamu rutin membaca ayat Kursi maka akal dan pikiranmu akan lebih encer dan maksimal dalam mencerna pengetahuan baru meskipun itu sangat rumit.

  • Dijauhkan dari Kejahatan dan Kedzoliman

Jika kamu membaca ayat Kursi sebanyak 12 kali pada hari jumat, maka kamu akan terhindar dari kejahatan dan kedzoliman. Baik itu yang dilakukan oleh hewan, jin, setan ataupun kejahatan manusia.

  • Mendapatkan Kasih Sayang dari Allah ﷻ

Selain diberikan Rezeki yang melimpah, dengan membaca ayat Kursi dalam sehari-hari kamu juga akan mendapatkan kasih sayang dari Allah ﷻ. Seperti halnya Allah ﷻmencintai dan mengasihi Nabi Muhammad ﷺ.

Dan pastinya dengan mendapatkan kasih sayang dari Allah ﷻ maka segala urusan dan keperluan dalam hidup kamu akan lebih lancar tanpa suatu halangan, sehingga kamu akan merasa hidupmu lebih indah.

  • Dihilangkannya Kefakiran

Jika kamu membaca ayat Kursi sebelum kamu memasuki rumah, maka Allah ﷻ akan menghilangkan segala kefakiran yang akan mengganggu hidup anda. Seperti halnya dalam sabda Rasulullah ﷺ “Barang siapa yang pulang kerumahnya dan sebelum memasuki rumah ia membaca ayat Kursi, maka Allah ﷻ akan menghilangkan kefakiran yang ada di depannya.”

  • Dilancarkan Jodohnya

Dengan membaca ayat Kursi, kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan jodoh yang baik dan sholeh. Seperti halnya sahabat Rasulullah ﷺ yang belum menikah dikarenakan terhalang biaya, dan Rasulullah ﷺ pun menyarankannya untuk membaca surat Al-ikhlas, Al-kafirun, Al-zalzalah dan juga ayat Kursi.

  • Dijaga dalam Perjalanan

Manfaat ayat kursi yang akan kamu dapatkan selanjutnya adalah jika kamu membacanya sebelum melakukan perjalanan, maka kamu akan dijaga oleh Allah ﷻ dalam setiap perjalanan yang kamu lakukan. Allah ﷻ juga akan melancarkan segala urusanmu dan melindungimu dari perkara buruk selama kamu berada di jalan.

Itulah Manfaat ayat kursi bagi kehidupan sehari-hari yang bisa kamu dapatkan jika kamu membacanya dengan benar dan dilakukan dengan rutin. Semoga dengan mengetahui manfaat ini kamu bisa lebih giat lagi dalam membaca ayat Kursi. Terimakasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini