Pengertian Shalat Sunnah Tahajud Dan Keutamannya

0
557
Tata cara shalat tahajud

Pengertian Shalat Tahajud

Selain shalat wajib, umat islam dianjurkan untuk menjalankan shalat sunnah, terutama shalat tahajud. Shalat tahajud atau yang biasa disebut dengan shalat sepertiga malam adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sebentar. Shalat tahajut biasanya dilakukan oleh umat muslim yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan ingin menghapus dosa yang telah ia perbuat.

Hukum Shalat Tahajud

Shalat tahajut tergolong ke dalam shalat sunnah muakkad atau shalat sunnah yang sangat dianjurkan, karena nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan shalat tahajud atau shalat malam ini. Sehingga sangat dianjurkan untuk umat islam agar menunaikan ibadah shalat tahajud ini.

Jumlah Rakaat

Pada dasarnya shalat tahajud tidak memiliki batasan mengenai jumlah rakaat yang harus dilakukan, jika waktunya memungkinkan, cukup dengan satu rakaat atau tiga rakaat setelah shalat isya.

Sesuai perintah Rasulullah SAW bahwasannya kita dianjurkan untuk melakukan shalat sunnah tahajud atau shalat malam meskipun hanya satu rakaat saja.

Meski begitu, shalat sunnah tahajud yang paling utama adalah sebelas rakaat termasuk tiga rakaat shalat witir di bagian akhir. Shalat tahajud ini bisa dilakukan dengan 4+4+3 yang artinya 4 shalat tahajud, 4 shalat tahajud lagi dan 3 shalat witir). Selain itu bisa juga menggunakan metode 2+2+2+2 shalat tahajud dan 2+1 shalat witir atau bahkan bisa 3 sekaligus.

Rasulullah tidak pernah menambah banyaknya rakaat shalat tahajud selain dari yang dijelaskan diatas, meskipun itu di bulan Ramadhan Rasulullah tetap melakukan shalat tahajut dengan sebelas rakaat.

Waktu Shalat Sunnah Tahajud

Untuk waktu pelaksanaan shalat tahajud bisa dilakukan setelah shalat fardu isya sampai masuk waktu subuh, yaitu terbit fajar. Akan tetapi lebih dianjurkan shalat tahajud di sepertiga malam setelah seseorang bangun dari tidurnya meskipun hanya sebentar.

Setelah menunaikan shalat tahajud, umat muslim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT karena sesudah shalat tahajud merupakan waktu yang terpat bagi umat muslim untuk meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah.

Doa Setelah Shalat Tahajud

Sangat dianjurkan bagi umat islam untuk melakukan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud, untuk anda yang belum begitu paham dengan doanya, berikut adalah doa sesudah sholat tahajud lengkap:

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. walakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. walakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Keutamaan Shalat Sunnah Tahajud

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang memiliki nilai pahala yang cukup besar dari Allah. Dikarenakan memang banyak sekali yang tidak sempat terbangun dari tidur untuk menunaikan shalat tahajud karena sudah lelah dengan aktivitas di siang hari yang mereka lakukan. Sehingga hanya orang yang benar-benar niatlah yang akan bangun dari tidur di sepertiga malam  untuk menunaikan shalat tahajud ini, sehingga Allah memberikan imbalan pahala yang sangat besar.
Selain mendapatkan pahala yang begitu besar dari Allah, shalat tahajud juga memiliki keutamaan yang akan didapatkan oleh yang menjalankannya, yaitu:
·         Diberikan Tempat yang Mulia Dan Terpuji Di Sisi Allah SWT
Keutamaan shalat sunnah tahajud yanh pertama adalah orang yang menunaikannya akan diberikan tempat yang mulia dan terpuji di sisi Allah SWT. Hal tersebut sudah di janjikan oleh Allah untuk mengangkat derajat umatnya yang tekun dalam menunaikan shalat tahajud dan ikhlas dalam melakukannya hanya untuk pendapatkan ridha Nya.
·         Dikabulkan Doa-Doanya
Keutamaan shalat tahajud yang bisa di dapatkan selanjutnya adalah dikabulkan segala doanya. Allah sudah berjanji untuk mengabulkan doa para ahli shalat tahajud, seperti sabda Rasulullah “Pada malam hari, ada satu saat dimana seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya, dan itu berlangsung di setiap malam”.
·         Penghapus Dosa dan Kesalahan
Salah satu keutamaan shalat tahajud yang akan di dapatkan selanjutnya adalah terhapusnya dosa dan kesalahan yang sudah ia lakukan. Berbeda dengan muslim yang hanya menjalankan shalat fardu saja, bagi seorang muslim yang dengan tekun melakukan shalat tahajud dan ikhlas dalam melakukannya, maka Allah akan menghapus dosa dan kesalahan yang telah ia perbuat.
·         Ahli Dzikir
Seseorang yang dengan tekun bangun di sepertiga malam dan menunaikan shalat tahajud, apalagi ia membangunkan keluarganya untuk ikut shalat tahajud, maka ia akan di tergolong dengan orang yang selalu ingat kepada Allah atau disebut dengan ahli dzikir.
·         Memiliki Sifat Rendah Hati
Manfaat selanjutnya yang bisa di dapatkan dengan shalat tahajud adalah menjadi orang yang rendah hati. Allah menegaskan bahwasannya orang yang menunaikan shalat sunnah tahajud akan memiliki sifat yang rendah hati, sehingga ia akan memiliki ketenangan jiwa dan ketentraman dalam menjalani hidup.
·         Menjadi Jembatan Untuk Masuk Surga
Keutamaan dari shalat tahajud selanjutnya adalah bisa menjadi jembatan bagi yang menunaikannya untuk menuju surganya Allah.
·         Amalan yang Akan Mambantu Di Akhirat
Shalat sunnah tahajud dapat menjadi amalan baik yang bisa membantu di akhirat. Sesuai dengan yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT bahwa orang yang senantiasa melakukan shalat tahajud akan mendapatkan balasan yang setimpal baginya.
·         Menjaga Kesehatan Tubuh
Shalat tahajud bisa menjadi pengobatan terbaik untuk berbagai macam penyakit, oleh karena itu orang yang dengan tekun menunaikan shalat sunnah tahajud akan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terserang penyakit.
·         Menekan Nafsu dan Kemalasan
Untuk yang memiliki rasa malas dan nafsu berlebih, shalat tahajud bisa menjadi salah satu penawarnya. Dengan melakukan shalat tahajud, seseorang akan merasa lebih fresh dan lebih siap untuk menjalani hari esok.
·         Diakui Sebagai Orang yang Istimewa
Keutamaan shalat tahajut yang bisa di dapatkan adalah diakuinya sebagai orang yang istimewa, siapapun yang menjalankan shalat tahajud akan menjadi makhluk yang istimewa di mata Allah SWT. Karena shalat tahajud ini dilakukan pada sepertiga malam dimana waktu itu adalah waktu yang sangat tepat untuk berkhusyuk kepada Allah SWT.
·         Dapat Mengusir Setan
Keutamaan dari shalat tahajud selanjutnya adalah dapat mengusir setan yang ingin mengganggu dan memberikan bisikan yang tidak baik, sehingga dengan begitu anda akan terhindar dari gangguan setan dan dijauhkan dari hal-hal buruk.
Nah, itulah Pengertian Shalat Sunnah Tahajud Dan Keutamaannya yang bisa anda dapatkan. Semoga setelah ini anda bisa lebih semangat lagi dalam melakukan shalat sunnah tahajud. Terimakasih.
Pengertian Shalat Sunnah Tahajud Dan Keutamannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini