Hukum Puasa Nisfu Syaban, Keutamaan, Fiqih, dan Tata Caranya

0
351
Puasa Nisfu Sya'ban

Puasa Nifsu sya ban adalan puasa yang di lakukan pada bulan sya ban, yaitu bulan sebelum bulan Ramadhan. Kata Nisfu memiliki arti pertengahan, sedangkan Sya ban yaitu bulan Sya ban. Sehingga bisa di artikan bahwa puasa Nisfu Sya ban adalah puasa di pertengahan bulan Sya ban, yaitu di hari ke 15 di bulan Sya ban.

Menurut tanggalan atau kalender islam, awal bulan Sya ban akan jatuh pada tanggal 22 februari 2023 mendatang. Sehingga puasa Sya ban bisa di mulai dari tanggal 7 atau 8 maret 2023. Dan dimulai dari tanggal inilah kebanyakan umat islam akan berlomba-lomba untuk mendapatkan Ridho Allah SWT yaitu dengan cara berpuasa  di siang hari dan membaca Al-Quran di malam hari atau biasa di sebut dengan tadarus Qur’an.

Malam Nisfu Sya ban merupakan malam yang penuh dengan pengampunan, di malam ini Allah akan mengampuni semua dosa umatnya yang bersungguh-sungguh dalam bertaubat, kecuali dosa musrik atau menyekutukan Allah dengan makhluk-Nya. Beberapa ulama menyebutkan bahwasannya malam Nifsu Sya ban adalah sebagai pengingat dari sejarah pemindahan kiblat umat islam yaitu dari Baitul Maqdis dan di pindahkan ke Masjidil Haram di makkah.

Nah, untuk anda yang berniat dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan ampunan dari Allah dan ingin mendekatkan diri kepada-Nya dengan cara memunaikan ibadah puasa Sya ban, berikut adalah niat yang harus anda baca di malam hari sebelum melakukan puasa Sya’ban.

Bacaan Niat Puasa Sya’ban

Nawaitu shauma gadhiin, ‘an aadai sunnati Sya banaa lillaahi ta’aalaa.”

Dan apabila ada orang yang lupa tidak mengucapkan niat di malam hari dan tiba-tiba teringat di siang hari dan ingin melaksanakan puasa Sya ban maka ia boleh membaca niat di saat itu juga dan bisa menyusul ikut menunaikan ibadah puasa Sya ban, dengan catatan belum mengkonsumsi makanan atau minuman apapun dan belum melakukan suatu hal yang bisa membuat batal puasa sejak terbitnya matahari.

Hal.tersebut sah saja di lakukan karena sebenarnya kewajiban mengucapkan niat di malam hari hanya untuk puasa wajib.

Bacaan Niat Puasa Sya ban di Pagi Hari: “Nawaituu shauma ghaudin hadzal yaumi ‘an ‘adaai sunnati sya’bana lillaahi ta’aalaa.

Bacaan Niat Buka Puasa Nisfu Sya ban

Untuk bacaan Niat doa sebelum berkbuka puasa sebenarnya sama saja dengan niat berbuka puasa yang di bulan lain, yaitu: “Allahumma laka sumthu, wabikaa aamantuu, wa’alaa rizqika aftortu, birohmatika ya arhamar roohimiin.

Istilah Nisfu Sya’ban sebagai syafaat atau kebaikan.

Keutamaan Puasa Sya’ban

  • Pada puasa Sya ban malam ke 13  Allah SWT akan memberikan sepertiga syafaat atau kebaikan kepada umatnya. Yang di maksud disini adalah Allah memberikan beberapa kebaikan di hari ke 13, dan Allah akan memberikan yang lebih banyak manfaat pada hari berikutnya.
  • Pada puasa Sya ban di malam ke 14 Allah SWT akan memberikan kebaikan secara penuh kepada umat-Nya yang menjalankan ibadah puasa di bulan Sya ban. Sehingga manfaatkanlah kesempatan ini untuk anda mendapatkan kebaikan dan juga ampunan dari Allaj SWT.
  • Dan pada malam ke 15 seluruh imat islam bisa mendapatkan berbagai syafaat atau kebaikan sebagai penutup catatan amal baiknya di bulan Sya ban tahun ini hingga Sya ban tahun depan.

Selain itu, masih ada banyak lagi keistimewaan dan keutamaan yang bisa di dapatkan dengan puasa Sya ban, yaitu:

  • Terkabulkannya doa.

Melafalkan beberapa doa saat Nisfu Sya ban merupakan hal yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW. Karena di malam itu tidak ada doa yang di tolak oleh Allah SWT, semuanya akan di dengar dan di kabulkan oleh-Nya. Sehingga anda harus benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan ini, anda tidak boleh membuang-buang waktu dengan hal yang tidak penting.

Hal tersebut tercantum dalam hadist Ibnu Abbas bahwasannya Rasulullah SAW pernah berkata jika ada lima malam pada bulan Sya ban yang tidak akan di tolak doa-Nya yaitu malam idul fitri dan idul adha, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam pertama bulan Rajab dan pada malam Jumat.

  • Sebagai penghapus dosa.

Di saat Nisfu Sya ban tiba, maka Allah Subhanahu Wata’alaa akan mengampuni semua dosa yang semasa hidup sudah di perbuat oleh umatnya. Di malam ini lah Allah akan mengampuni dosa umatnya yang bersungguh-sungguh selama satu tahun, mulai dari bulan Sya ban hingga ke bulan Sya ban lagi.

  • Malam pengampunan bagi umat islam.

NIisfu Sya ban merupakan hari pengampunan, dimana Allah SWT mengampuni seluruh dosa umat islam yang shaleh atau yang bersungguh-sunnguh dalam bertaubat, kecuali dosa musrik. Seperti halnya yang tercantum pada hadist riwayat Mu’adz bin jabbal yang berbunyi sebagai berikut.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwasannya: “Di malam Nisfu Sya ban Allah mendatangi seluruh umatnya dan Allah akan mengampuni semua dosanya, kecuali dosa orang yang syirik dan dosa orang yang bermusuhan.

Sedangkan menurut riwayat Abdullah bin ‘Amr R.A, Rasulullah SAW bersabda: “Allah mendatangi umat-Nya dan mengampuni dosanya di malam Nisfu Syaban, kecuali orang yang bermusuhan dan juga orang yang telah membunuh jiwa.”

Dengan penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwasannya di malam Nisfu Sya ban Allah akan senantiasa mengampuni dosa umatnya, terlebih lagi umat yang telah bersungguh-sungguh dalam berdoa dan bertaubat.

  • Bulan penetapan takdir.

Di saat Nisfu Sya ban tiba, Allah SWT akan menetapkan takdir yang akan terjadi pada setiap hambanya di muka bumi. Dan di bulan ini malaikat juga akan mencatat nama orang-orang yang akan meninggal di tahun ini. Bahkan, Allah SWT juga menetapkan rezeki setiap umatnya di bulan Nifsu Sya ban ini, sehingga dengan begitu berdoalah anda dengan bersungguh-sungguh dan memohonlah ampunan kepada-Nya.

Dalil mengenai keistimewaan Nisfu Sya ban.

Di riwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “ jika telah datang Nisfu Sya ban, maka berdoa, Shalat dan maminta ampunan kepada Allah, perbanyaklah ibadah pada malam hari dan berpuasalah di siang harinya. Sebenarnya Rahmat dan Ridho Allah turun di malam tersebut menuju ke langit bagian bawah saat terbenamnya matahari, dan Allah berseru bahwa siapa saja yang meminta ampun kepada-Ku akan aku ampunkan, dan siapa saja yang meminta rezeki kepadaku maka akan Ku berikan. Dan jika ia sakit akan aku sembuhkan, dan hal lainnya hingga terbit fajar.”

Nah, itulah Bacaan niat dan keistimewaan puasa Nisfu Sya ban yang bisa kami informasikan kepada anda. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda mengenai puasa Nisfu Syaban beserta keutamaannya dan semoga dengan ini anda sudah bisa memahami apa saja keuntungan atau manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan jika anda melakukan puasa Nisfu Sya ban. Terimakasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini