Tuntunan Shalat Istikharah; Tata Cara, Niat, Doa, hukum, dan Waktu Terbaiknya

0
308
Sholat Istikharah

Shalat istikharah merupakan Shalat yang sunnah dilakukan ketika seseorang sedang mengalami kebimbangan dalam memilih suatu hal. Kata istikharah berasal dari bahasa arab yang memiliki arti meminta petunjuk atas sesuatu. Dan dengan Shalat istikharah di harapkan bahwa Allah akan memberikan petunjuk untuk memilih salah satu pilihan yang terbaik.

Biasanya seseorang akan melakukan Shalat istikharah jika menemukan pilihan yang sangat berat misalnya saat memilih jodoh, dan memilih pekerjaan dimana pilihannya sangat membuat anda bingung dalam memilih yang terbaik karena semua sama-sama baik menurut anda.

Tujuan melakukan Shalat istikharah pastinya untuk mendapatkan pilihan yang terbaik dan sesuai dengan syariat islam. Janganlah anda melakukan Shalat istikharah untuk memilih hal yang tidak di Ridhoi Allah karena menyimpang atau di larang oleh agama islam.

Rasulullah S.A.W bersabda “apabila salah satu dari kalian memiliki suatu urusan, lakukanlah Shalat dua rakaat yaitu (istikharah) kemudian berdoalah.”(HR. Al-Bukhari)

Ibadah Anjuran Peminang Shalat Istikharah

Jika anda memiki kebimbangan dan ingin melakukan Shalat istikharah, berikut adalah anjuran yang perlu di lakukan sebelum melakukan Shalat istikharah.

  • Puasa sunnah.

Sebelum menjalankan Shalat sunnah istikharah sebaiknya laksanakan terlebih dahulu puasa sunnah supaya tujuan Shalat yang anda lakukan segera mendapat jawaban yang terbaik dari Allah. S.W.T.

  • Banyak bersedekah.

Sedekah merupakan suatu hal yang sangat di anjurkan oleh Allah, karena selain mendapatkan pahala dengan sedekah anda juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu Allah lebih mudah mengijabah apa saja yang anda minta kepada-Nya.

  • Rajin membaca istighafar.

Istighfar adalah suatu kalimat yang berarti memohon ampun kepada Allah, dengan banyak istighfar maka anda akan lebih dekat dengan Allah, dan lebih sering mengingat Allah.

  • Rajin bersedekah.

Sedekah merupakan perbuatan terpuji yang sangat di sukai oleh Allah, maka dengan bersedekah anda akan lebih dekat dengan-Nya dan mempermudah anda untuk mendapatkan petunjuk dan juga ridha-Nya.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Melaksanakan Shalat Istikharah.

Shalat istikharah ini bisa di lakukan kapan saja, kecuali pada waktu yang di larang yaitu pada waktu kisaran sepuluh menit sebelum Shalat dzuhur dan setelah Shalat subuh hingga matahari terbit. Akan tetapi biasanya banyak orang yang melakukan Shalat istikharah ini di waktu sepertiga malam karena di waktu inilah akan banyak doa yang di ijabah oleh Allah.

Nah, setelah anda mengerti apa itu istikharah? Dan apa pula tujuan dalam mengerjakan Shalat istikharah! Berikut kami bahas mengenai bacaan niat dan tata cara Shalat istikharah supaya anda lebih paham dan bisa mempraktekkannya langsung jika kelak anda membutuhkan jawaban dari Allah.

Syarat Sah Shalat istikharah

  • Syarat sah yang pertama adalah wajib terhindar dari najis, baik itu najis hadas besar ataupun hadas kecil.
  • Wajib berwudhu terlebih dahulu dengan air yang suci dan mensucikan, yaitu air dari mata air, sumur atau air hujan. Adapun yang di maksut dengan air suci tapi tidak bisa di buat untuk berwudhu atau tidak bisa mensucikan adalah air yang telah di hangatkan, baik dengan kompor ataupun dengan terik sinar matahari. Sehingga perlu diketahui bahwa anda tidak bisa bersuci dengan air yang sudah matang atau wudhu nya akan dianggap tidak sah.
  • Shalat di tempat yang terhindar dari najis.

Pastikan tempat yang akan anda gunakan dalam menunaikan Shalat istkikharah tidak ada kotoran atau sesuatu yang membuatnya najis. Karena jika tempat yang anda tempati najis maka Shalat anda tidak akan sah.

  • Melafalkan niat untuk Shalat istikharah dalam hati.

Setelah mengambil wudhu dan memastikan tempat yang akan anda gunakan untuk Shalat terhindar dari najis, ucapkanlah niat anda, yaitu niat Shalat istikharah dan mulai melanjutkan Shalat.

Bacaan Niat Shalat Istikharah

“Ushalli sunnatan istikharati rok’atayni lillaahi ta’ala.”

Yang berarti saya niat untuk melaksanakan Shalat istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Cara Menunaikan Shalat Istikharah

  • Wajib mengucapkan niat di dalam hati.
  • Membaca takbiratul ikhram dan di sambung dengan doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Di sunnahkan untuk membaca surat Al-Quran yang panjang.
  • Kemudan ruku’ dengan tuma’ninah.
  • Membaca doa ruku’.
  • I’tidal dengan tuma’ninah.
  • Setelah itu sujud dan duduk di antara dua sujud,
  • Lalu sujud kembali.
  • Berdiri untuk menunaikan rakaat ke dua dengan tata cara yang sama seperti rakaat pertama.
  • Kemudian duduk untuk tasyahud akhir dan melakukan salam.

Manfaat Shalat Istikharah

  • Membuat hati lebih tenang

Dengan menunaikan Shalat isikharah, seseorang akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Kebanyakan orang yang mendapatkan pilihan yang sulit akan tergesa-gesa dalam menentukan pilinnya. Ia tidak bisa berpikir jernih dan tidak bisa menilai konsekuensi apa yang bisa ia dapatkan nantinya.

Dan dengan Shalat istikharah tentunya ia akan lebih tenang dalam memilih hal tersebut, tidak tergesa-gesa dan lebih teliti lagi untuk menentukan pilihannya.

  • Memasrahkan semuanya kepada Allah S.W.T.

Tujuan utama Shalat istikharah adalah menyerahkan semua urusannya dan memasrahkan apa yang terjadi kepada Allah S.W.T. Sehingga apapun yang terjadi ia tidak akan kecewa dan tetap berserah diri.

  • Memantapkan pilihan.

Shalat istikharah di lakukan dengan tujuan untuk memantapkan sebuah pilihan, dimana jika seseorang masih bimbang dan ragu maka lakukanlah Shalat istikharah. Akan tetapi Allah tidak akan langsung memberikan jawaban dan pilihan mana yang terbaik, sehingga anda perlu melanjutkan Shalat istikharah setiap malam hingga anda mendapatkan jawaban yang tepat.

  • Memilih sesuai petunjuk Allah.

Dengan memasrahkan diri kepada Allah, maka kita akan terhindar dari kebimbangan dan rasa gundah. Ikuti semua petunjuk Allah, maka kamu akan merasa tenang, ikhlas dan kamu juga akan selamat dunia akhirat.

  • Terhindar dari bisikan  setan.

Yang terakhir adalah dengan melakukan Shalat istikharah maka anda akan dijauhkan dari bisikan setan yang menyesatkan dan menjerumuskan. Setan memang senang mengganggu orang dan membuatnya merasa malas, dan semakin malas seseorang maka semakin meraja lela juga setan menguasai pikirannya.

Dengan melakukan Shalat istikharah, anda akan ditakuti oleh setan dan di jauhinya karena anda sudah di jaga oleh Allah S.W.T.

Doa Setelah Shalat Istikharah

Setelah menunaikan Shalat istikharah anda bisa berdoa dan meminta petunjuk mengenai kegundahan hati anda, mintalah dengan kesungguhan hati. Allah akan senantiasa mendengarkan doa hambanya yang bersungguh-sungguh.

Selain berdoa, ada baiknya pula jika anda melanjutkannya dengan berdzikir. Anda bisa mengucap Yaa Hadiii , Yaa Rahmaann, Yaa Fattaah secara berulang kali sebanyak mungkin. Karena semakin banyak dan semakin sering anda berdzikir maka anda akan lebih dekat dan lebih di sayang oleh Allah S.W.T.

Nah itulah Niat, doa dan cara Shalat istikharah yang perlu anda pahami. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai Shalat istikharah. Terimakasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini