Shalat Tarawih, Niat, dan Tata Cara Pelaksanaannya

0
278

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah muakad yang dikerjalan pada bulan ramadhan, sunnah muakkad sendiri berarti tidak wajib di kerjakan, akan tetapi Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya kecuali dalam keadaan yang sangat mendesak. Kebanyakan umat muslim mengerjakan shalat tarawih pada waktu sehabis shalat isya’ dan dilanjut dengan Shalat witir.


Mayoritas umat islam sangat antusias dalam melaksanakan shalat tarawih, karena selain untuk mendapatkan pahala yang berlipat di bulan ramadhan, shalat tarawih hanya terjadi setahun sekali yaitu di bulan puasa atau bulan suci ramadhan. Sehingga mereka berlomba untuk mendapatkan pahala dari Allah S.W.T dan juga berlomba untuk mendapatkan Ridha Allah.


Shalat tarawih bisa di lakukan dengan cara berjamaah ataupun sendirian, akan tetapi banyak umat muslim yang melakukannya dengan cara berjamaah di masjid sembari membaca Al-Quran atau biasa di sebut dengan tadarus Al-Quran. Dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dan ingin mendapatkan Ridha-Nya.


Untuk niat, dalam Shalat tarawih ini bisa dibaca dalam hati atau secara lisan, akan tetapi bagi imam ada baiknya jika imam membacakan bacaan niat untuk makmum terlebih dahulu supaya bagi makmum yang belum hafal bisa mengikuti niat yang dibaca oleh imam. Nah, untuk anda yang belum hafal dan ingin belajar tentang tata cara dan niat Shalat tarawih, berikut kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai hal tersebut.


Tata Cara dan Niat Shalat Tarawih Yang Baik dan Benar.


Rasulullah S.A.W pernah bersabda: “Barang siapa yang menunaikan Shalat tarawih pada bulan Ramadhan dengan ikhlas dan iman hanya karena Allah S.W.T maka diampunkanlah dosa-dosanya yang terdahulu.” (Muttafaqun ‘alaih)


Bacaan Niat Shalat Tarawih untuk Sendiri

Pada dasarnya Shalat berjamaah di masjid lebih baik dari pada Shalat sendiri, akan tetapi terkadang banyak hal yang membuat kita tidak bisa ikut Shalat tarawih berjamaah. Nah untuk anda yang berhalangan untuk berjamaah di masjid dan belum paham mengenai niat Shalat tarawih akan tetapi ingin menunaikannya dirumah, berikut bacaan niat Shalat tarawih yang bisa anda praktekkan.


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan niat Shalat Tarawih Sebagai Imam
Imam adalah pemimpin dalam Shalat, sehingga lebik baik orang yang di tunjuk sebagai imam adalah yang lebih mengerti dari segi agama. Karena tanggung jawab sebagai imam lebih besar, ia akan berdosa jika Shalat atau bacaannya salah.


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِإِمَامًا ِللهِ تَعَا

Bacaan Niat Shalat Tarawih Sebagai Makmum


Makmum memiliki arti seseorang atau kelompok yang dipimpin oleh imam, sehingga wajib bagi mereka untuk membaca niat menjadi makmum dan harus mengikuti gerakan Shalat imam. Shalat berjamaah dengan imam lebih baik dari pada Shalat sendirian, karena selain pahalanya yang lebih besar makmum yang bacaan Shalatnya belum begitu sempurna akan disempurnakan oleh imam.


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِمَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Tata Cara Shalat Tarawih yang Benar
Selain mengetahui bacaan niat Shalat tarawih, anda juga perlu mempelajari tata cara Shalat yang benar. Pada umumnya, Shalat tarawih ini di kerjakan sebanyak 11 (sebelas) rakaat, yaitu terdiri dari 8 rakaat Shalat tarawih dan 3 rakaat Shalat witir. Shalat tarawih biasanya dikerjakan dengan dua rakaat dalam satu kali salam atau dengan empat rakaat dalam satu kali salam.


Tata Cara Shalat tarawih.


1. Seperti biasa, saat memulai Shalat, baik itu wajib atau sunnah di awali dengan membaca takbiratul ikhram dan di lanjutkan dengan membaca doa iftitah seperti berikut ini:


اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً
. وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْ
. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ


2. Setelah itu membaca surat Al-Fatihah.
3. Kemudian membaca surat pendek Al-Quran.
4. Melakukan ruku’ lalu i’tidal.
5. Setelah melakukan i’tidal, sujud, dan duduk di antara dua sujud (iftirasy).
6. Melakulan sujud kedua lalu berdiri untuk menunaikan rakaat ke dua. Kemudian membaca bacaan seperti rakaat pertama untuk rakaat kedua. Yaitu membaca Surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca Surat pendek Al-Quran.
7. Ruku’, i’tidal, sujud dan duduk di antara dua sujud.
8. Lakukan sujud kedua lalu di sambung dengan Tasyahud akhir, kemudian salam.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwasannya setelah Shalat tarawih akan dilaksanakan juga Shalat witir satu atau tiga rakaat. Berikut bacaan niat Shalat witir yang perlu anda ketahui.

Bacaan Niat Salat Witir

• Niat Shalat witir satu rakaat sendiri tanpa makmum.


صَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَ


• Niat Shalat witir tiga rakaat sendiri tanpa makmum.


اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى


Niat Shalat witir sebagai makmum.


اُصَلِّى سُنَّةَ مِنَ الوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى


Niat Shalat witir satu rakaat sebagai imam.


أصلى سنة الوتر ركعة مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً إِمَام لِلهِ تَعَالَى


Setelah memgetahui niat dari Shalat witir, ada baiknya jika anda juga mengetahui tata caranya.

1. Membaca niat untuk Shalat witir sesuai dengan posisi dalam pengerjaan Shalat, yaitu sebagai imam, makmum atau bahkan Shalat witir sendiri.
2. Kemudian mengucap takbiratul ikhram.
3. Melafalkan doa iftitah.
4. Lalu membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat pendek sebanyak tiga surat, yaitu surat Al-Falaq, surat Al-Ikhlas dan surat An-Nas.
5. Kemudian ruku’ dengan tuma’nimah.
6. I’tidal, sujud dan duduk di antara dua sujud.
7. Melakukan sujud kedua dengan tuma’ninah.
8. Duduk tasyahud akhir dan mengucap lafal tasyahud akhir.
9. Dilanjutkan dengan membaca Shalawat Nabi.
10. Yang terakhir mengucapkan salam sembari menoleh ke kanan dan ke kiri.


Doa lengkap setelah Shalat witir.

Sebelum beranjak pergi, ada baiknya jika di lanjutkan dengan membaca doa dan juga dzikir terlebih dahulu. Untuk yang belum mengerti bagaimana doa yang akan di lafalkan setelah Shalat witir, berikut kami informasikan bacaan doa setelah Shalat witir yang bisa anda lafalkan.

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا
وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا
وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا
وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ
وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ
وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ
اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا
وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ


Nah, itulah bacaan niat lengkap Shalat Tarawih yang bisa anda praktekkan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang mempelajari doa dan tata cara Shalat tarawih . Terimakasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini