9 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Sangat Dianjurkan

0
516
SUnnah di Hari Jumat

Hari jumat merupakan hari yang istimewa bagi seluruh umat islam, karena hari ini merupakan waktu dimana Nabi Adam AS di Ciptakan oleh Allah SWT. Banyak amalan yang di sunnahkan untuk dilakukan di hari yang istimewa ini, mulai dari membaca surat pendek, berbuat baik dan juga disunnahkan membaca surat tertentu. Nah, bagi umat muslim yang belum begitu paham mengenai ini, berikut kami akan menjelaskan amalan sunnah di hari jumat yang perlu anda ketahui.

Sebelum membahas tentang amalan sunnah apa saja yang disarankan untuk di amalkan, berikut kami cantumkan Hadist yang menjelaskan tentang keistimewaan hari jumat dan di Ciptakannya Nabi Adam AS.

Hadist ini berasal dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Yang Artinya: “Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR Imam Muslim).

Karena keistimewaannya, hari Jumat disebut juga dengan rajanya seluruh hari. Diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad dan Al-Imam al-Syafi’I dari Sa’ad bin ‘Ubaidah dalam sebuah hadits:

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Yang Artinya: “Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat, Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Pada  Jumat terdapat lima keutamaan. Di hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari Surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Pada hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama ia tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, gunung, angin dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Amalan Sunnah Di Hari Jumat

  1. Memperbanyak Shalawat Nabi

Shalawat Nabi merupakan amalan yang paling mulia, bahkan ada beberapa riwayat yang mengatakan bahwa Shalawat Nabi merupakan penolong baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah SAW bersabda dalam hadist (HR. Baihaqi).

أكثروا الصلاة علي ليلة الجمعة ويم الجمعة فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا ـ رواه البيهقي بإسناد جيد

Yang Artinya: “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali,” (HR Baihaqi).

  • Mandi Jumat

Amalan Sunnah di Hari Jumat yang selanjutnya adalah mandi jumat, mandi jumat ini dianjurkan bagi kaum laki-laki yang akan mengikuti ibadah shalat jumat. Rasulullah SAW bersabda pada hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Umar, hadist tersebut berbunyi:

من أتى الجمعة من الرجال والنساء فليغتسل

Yang Artinya: “Barangsiapa yang hendak shalat Jumat baik laki-laki maupun perempuan maka hendaklah ia mandi.” (HR Ibnu Hibban).

  • Membaca surat Al-Kahfi

Salah satu sunnah jumat selanjutnya adalah membaca surat Al-Kahfi, seseorang yang membaca surat Al-Kahfi akan terhindar dari fitnah dajjal. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang di sebutkan dalam hadist Riwayat Abu Darda, yang berbunyi:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindung dari Dajjal (fitnah).” (HR Muslim).

Sedangkan, dalam hadits lain, sangat dianjurkan untuk membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Yang Artinya: “Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi di har Jumat, maka muncullah cahaya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar untuknya kelak di hari kiamat, dan diampuninya semua dosa di antara dua hari Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi).

  • Memakai wewangian dan berpenampilan rapi saat shalat jumat

Dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Majah yang di sebutkan dalam kitab Iqamat Ash-Shalat wa As-Sunntu fiha, dari Ibnu Abbas ra.

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya hari jumat ialah hari raya yang Allah berikan kepada umat islam. Maka, barang siapa yang akan menuju masjid untuk shalat Jumat, hendaknya ia mandi, menggunakan wewangian dan jika ada gunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah dan At-Thabrani dan di sahkan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’).

Perintah untuk menggunakan pakaian yang indah juga di sebutkan dalam Qur’an Surat Al-Araf ayat 31. Allah SWT berfirman:

۞ يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ – ٣١

Yang Artinya : “Wahai anak cucu Adam, gunakanlah pakaianmu yang bagus saat akan memasuki masjid, makan dan minumlah, asal tidak berlebihan. Sesunggunya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan”.

  • Memotong kuku, mencukur kumis sebelum berangkat ke masjid

Sunnah di hari jumat selanjutnya adalah memotong kuku, dan mencukur kumis, Sunnah jumat ini di anjurkan untuk kaum laki-laki yang hendak menunaikan Shalat Jumat.

Diriwayatkan oleh Baihaqi dan At-Thabrani dalam sebuah hadist, bahwasannya Rasulullah SAW selalu memotong kuku, bersiwak dan mencukur kumis setiap hari Jumat, yaitu sebelum beliau berangkat ke masjid untuk menunaikan Shalat Jumat.

كان يقلم أظافره ويقص شاربه يوم الجمعة قبل أن يخرج إلى الصلاة

Yang artinya : “Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis di Hari Jumat sebelum beliau pergi untuk menunaikan Shalat Jumat.” (HR Baihaqi dan At-Thabrani)

  • Berangkat ke masjid lebih awal

Berangkat ke masjid lebih awal dan mendapatkan shaf yang paling depan merupakan memiliki banyak keutamaan. Terdapat sebuah hadist riwayat Bukhari dan Muslim, disitu disebutkannya bahwa orang yang berangkat lebih awal ke masjid untuk menunaikan Shalat Jumat di ibaratkannya seperti sedang berkurban hewan unta. Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda:

َنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

Yang Artinya :”Barang siapa yang berangkat Shalat Jumat di awal waktu, maka ia seperti berkurban dengan unta. Dan siapa berangkat Shalat Jumat di waktu kedua, maka ia seperti berkurban dengan sapi. Barang siapa yang berangkat Shalat Jumat dii waktu ketiga, maka ia seperti berkurban dengan kambing yang bertanduk. Dan siapa yang berangkat untuk Shalat Jumat di waktu keempat, maka ia seperti berkurban ayam. Barang siapa yang berangkat Shalat Jumat di waktu kelima, maka ia layaknya berkurban dengan telur.” (HR Bukhari dan Muslim)

  • Memperbanyak doa dan dzikir

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Yang Artinya : “Di hari jumat terdapat 12 jam pada siang hari, dan di waktu itu ada waktu dimana tidak ada seorang hambapun yang memohon sesuatu kepada Allah kecuali dia akan mengabulkan permintaannya. Sehingga carilah waktu itu di akhir waktu Ashar”. (HR Abu Daud).

  • Sunnah di hari jumat selanjutnya adalah membaca Surat Yasin dan As-Saffat

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surat Yasin dan as-Saffat pada malam Jumat, maka Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud).

  • Memperbanyak amal dan sedekah

Amal dan sedekah termasuk ke dalam salah satu Sunnah di Hari Jumat, sesuai dengan QS Al Hadid ayat 18

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ – ١٨

Artinya: Sesungguhnya orang yang bersedekah baik laki-laki ataupun perempuan itu meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, dan akan dibalas dengan lipat ganda untuk mereka, dan mereka akan mendapatkan pahala yang mulia”.

Nah, itulah Amalan Sunnah Di Hari Jumat yang bisa anda lakukan terlebih dahulu sebelum menunaikan Shalat Jumat. Semoga dengan informasi ini anda bisa lebih memahami istimewanya hari jumat untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini