Tata Cara Shalat Hajat, Niat, dan Doa yang Dibaca

0
410

Shalat sunnah merupakan Shalat yang jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, tetapi jika tidak ia tidak akan berdosa. Ada beberapa macam Shalat sunnah, mulai dari Shalat Rawatib, Shalat Dhuha dan juga Shalat Hajat. Shalat Hajat ini memiliki beberapa manfaat yang luar biasa bagi yang menunaikannya. Nah, untuk kamu yang belum tahu apa saja manfaat shalat hajat, berikut kami akan memberikan sedikit penjelasannya.

Sebelum membahas mengenai manfaat dari Shalat Hajat, pastinya kamu juga sudah tau apa tujuan utama dari Shalat Hajat? Ya, tujuan utama bagi orang-orang yang menunaikan Shalat Hajat adalah supaya keinginan dan hajat mereka terkabulkan dan dijauhkan dari segala halangan. Untuk kamu yang belum pernah melakukan Shalat Hajat dan ingin menunaikan Shalat Hajat, berikut kami informasikan bacaan niat beserta tata cara melakukan Shalat Hajat yang baik dan benar.

Niat Shalat Hajat:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Yang artinya : “Saya berniat Shalat Hajat dua rakaat Karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Shalat hajat
Membaca niat
Niat saat melakukan Shalat Hajat juga diucapkan didalam hati layaknya seperti Shalat lainnya, karena disini yang penting adalah niat yang semata hanya kepada Allah dan ingin megharapkan Ridha-Nya.
Takbiratul ikhram yang dikerjakan secara berdiri untuk yang mampu
Membaca iftitah
Membaca surat Al-Fatihah
Membaca surat pendek Al-Quran, atau disarankannya mebaca Surat Al-Kafirun sebanyak tiga kali pada rakaat pertama
Rukuk dengan tuma’ninah
I’tidal
Sujud dengan tuma’ninah
Duduk diantara dua sujud
Sujud kedua dengan tuma’ninah
Berdiri untuk melakukan rakaat kedua
Membaca surat Al-Fatihah
Membaca Surat pendek Al-Quran atau disarankan membaca Surat Ayat Kursi
Rukuk dengan tuma’ninah
I’tidal
Sujud dengan tuma’ninah
Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
Sujud kedua dengan tuma’ninah
Membaca tahiyyat akhir
Diakhiri dengan salam

Dalam kitab Tajul Jamil Lil-Ushul, dianjurkan bahwasannya apabila telah selesai melakukan Shalat Hajat hendaklah membaca istighfar lengkap sebanyak 100 x yang berbunyi:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبِّىْ مِنْ كُلِّ ذَنْۢبٍ واَتُوْبُ اِلَيْه

Yang artinya: “Saya memohon ampun kepada Allah dari semua dosa, dan aku bertobat kepada-Nya.”

Doa Setelah Menunaikan Shalat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Yang artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah SWT yang Maha Penyantun dan lagi Maha Mulia. Maha suci Allah yang mempunyai Arsy yang besarm segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal yang memberikan ampunan-Mu. Jangan Engkau tinggalkan satu dosa pun bagiku melainkan Engkau mengampuniku, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau memberikan penawar kepadanya. Dan tidak juga suatu keperluan yang Engkau Ridhai kecuali Engkau memastikan untukku, wahai Allah yang maha penyayang diantara penyayang.”

Waktu Pelaksanaan Shalat Hajat

Dalam pelaksanaan Shalat Hajat bisa dilakukan di siang ataupun malam hari, tidak ada ketentuan waktu yang diwajibkan kecuali di waktu yang dilarang untuk menunaikan Shalat. Kamu bisa menunaikan dua hingga dua belas rakaat. Dan dianjurkan pula untuk membaca surat Al-Ikhlas dan Ayat Kursi pada setiap rakaatnya.

Dalam sebuah hadis tentang Shalat Hajat, Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa yang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu menunaikan Shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya, maka cepat atau lambat Allah akan memberikan apapun yang ia minta.” (HR.Ahmad)

Manfaaat Shalat Hajat

Terhindar dari Kesulitan
Salah satu manfaat utama yang bisa didapatkan dari Shalat Hajat adalah akan terhindar dari berbagai macam kesulitan dan marabahaya. Sehingga jika kamu mendapati kesulitan dalam hidup, maka dianjurkan untuk menunaikan Shalat Hajat dan juga meminta pertolongan kepada Allah SWT. Karena Allah akan memberikan pertolongan terhadap hamba-Nya yang mau berdoa.

Memudahkan untuk Terkabulnya Doa
Manfaat Shalat Hajat yang bisa anda dapatkan selanjutnya adalah memudahkan terkabulnya doa yang telah kamu panjatkan. Karena Shalat Hajat memang memiliki fungsi khusus yaitu untuk meminta kelancaran dan dimudahkannya semua urusan dan kepentingan yang sedang dijalani.

Memperoleh Pahala
Meskipun Shalat Hajat bukanlah Shalat wajib, akan tetapi bagi seorang muslim yang mau melakukan Shalat Hajat, maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Nah dengan begitu kamu bisa mendapatkan tambahan pahala hanya dengan menunaikan ibadah Shalat Sunnah yang satu ini.

Lebih Dekat Kepada Allah
Disaat kamu memiliki masalah atau keinginan yang besar, berserah diri kepada Allah SWT merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan. Karena selain memperoleh pahala, dengan Shalat Hajat kamu akan lebih dekat dengan Allah dan Allah akan menjaga, menemani anda dalam melewati masalah tersebut dan memberikan petunjuk jalan terbaiknya.

Mendapatkan Rasa Tenang
Salah satu kelebihan Shalat Hajat adalah menimbulkan perasaan yang tenang. Dengan melakukan Shalat dan mendekatkan diri kepada Allah, maka kamu akan merasa lebih tenang baik hati maupun pikiran. Dan dengan pikiran yang tenang kamu akan bisa melewati masalah atau hajat yang sedang kamu inginkan dengan mudah.

Memberikan Rasa Ikhlas
Dengan melakukan Shalat Hajat, seseorang akan merasa lebih ikhlas dan berserah diri kepada Allah dengan apa yang akan terjadi. Dan ia bisa menerima apapun yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. Karena saat dalam keadaan susah, manusia dianjurkan untuk bersikap ikhlas dan lebih sabar dalam menerima segala sesuatu.

Berserah Diri Kepada Allah
Allah menyukai hambanya yang memiliki sifat pasrah kepada-Nya, karena hal itu menunjukkan bahwa seorang muslim sadar bahwa tanpa bantuan Allah SWT ia tidak bisa berbuat apa-apa.

Lebih Tawakal
Shalat Hajat juga akan membuat kamu mempunyai keyakinan bahwa Allah adalah satu-satunya tempat dia meminta dan juga satu-satunya yang bisa mengabulkan apa yang ia minta. Sehingga dengan begitu kamu akan lebih konisten dalam berdoa dan juga lebih tawakal.

Menimbulkan motivasi untuk lebih giat
Manfaat Shalat Hajat selanjutanya adalah bisa membuat seseorang yang melakukan Shalat hajat menjadi lebih rajin dan termotivasi untuk selalu berusaha lebih giat lagi dalam mencapai suatu hal yang di inginkan.

Bisa mengendalikan kebutuhannya
Dengan Shalat Hajat kamu juga bisa mengendalikan hati dan pikiran, sehingga kamu akan bisa mengendalikan keinginan dan kebutuhanmu dan lebih bisa mensyukuri apa yang sudah kamu miliki.

Itu dia Manfaat Shalat Hajat yang bisa kamu dapatkan jika menunaikannya, semoga dengan mengetahui manfaat Shalat Hajat yang luar biasa ini kamu akan menjadi lebih giat dalam melakukan Shalat Hajat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini